Cipto Adiguno (Ketua Umum Asosiasi Games Indonesia) Berharap Anak-Anak Muda Jangan Hanya Cuma Main Game Online Saja Tetapi Bisa Membuat Game Online Sendiri

banner 468x60

Jakarta, 26 Februari 2024 – Kementrian Pariwisata Dan Kreatif RI (Kemenparekraf) mengadakan Weekly Brief dengan tema “Indonesia Maju Bersama Parekraf Hijau” dan Google Play x Unity Game Developer 2024 di Gedung Sapta Pesona Jakarta pada hari Senin, 26 feb 2024.

Cipto Adiguno selaku Ketua Umum Asosiasi Games Indonesia, saat ditemui awak Media Online menjelaskan bahwa dirinya datang ke acara Kemenparekraf ini untuk menyampaikan tentang ada acara Google Play x Unity Game Developer karena menurut saya itu adalah program dimana kita bisa melatih talenta-talenta baru untuk belajar bikin game dan sekarang ini orang Indonesia itu banyak banget ngabisin waktu dan uang untuk main game. Jadi kalau kita lihat game itu punya potensi untuk bisa meraih bukan cuma minat, tapi juga uang masyarakat Indonesia dari situlah kita tidak mau terus-terusan jadi pasar yang cuma diambil duitnya maka dari itu kita pengen di masa depan juga bisa bikin karya-karya kita sendiri untuk masyarakat maupun dunia Internasional.

banner 336x280

Kalau menurut saya bagus sekali kerjasama dengan Google dan Unity karena Unity ini adalah engine atau alat untuk membuat game yang gerakan yang sangat positif karena mendorong teman-teman baru untuk bisa bikin game lebih bagus. Kalau saat ini sejumlah institusi pendidikan di Indonesia sudah mengajarkan cara pembuatan game antara lain institusi pendidikan yang bersifat vokasi juga sudah banyak. Menurut saya sekarang ini semakin banyak diperlukan pendidikan semacam itu dengan adanya Peraturan Presiden yang baru saja dikeluarkan Perpres No. 19 Tahun 2024 itu akan mendorong ini dan secara spesifik meminta Kementerian Pendidikan bekerjasama Kemanparekraf untuk bisa mendorong adanya talenta-talenta baru di dunia Game Indonesia

Harapannya adalah suatu hari nanti dalam waktu dekat anak-anak muda kita bukan cuma main dan habiskan uang dengan main game saja tapi juga bisa membuat game dimana karya-karyanya bisa menjadi penghasilan dan penghidupan mereka.

Asosiasi Games Indonesia adalah Asosiasi yang mewakili para pengembang game dan para penerbit game di Indonesia dimana anggotanya ada 36 member yang sekarang semuanya dari Company dan Perusahaan yang merepresentasikan sekitar 2 ribu individu yang bekerja di industri game. Kita punya network atau hubungan kerjasama dengan sejumlah institusi pendidikan di Indonesia mulai dari Universitas, SMK sampai Politeknik sejumlah 27 institusi pendidikan di Indonesia,” tutupnya.

banner 336x280

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *