Andi Tenri Sompa ; “Kita Boleh Berbeda Pilihan Tetapi Semua Sama Tetap Indonesia Dan Semua Ingin Indonesia Lebih Baik Dengan Pemilu Yang Lebih Demokratis & Damai

Politik319 Views

Jakarta, 27 November 2023 – Komisi Pemilu Umum (KPU) Menggadakan Deklarasi Kampanye Pemilu Damai yang diikuti 3 Pasangan 3 Calon Presiden-Wakil Presiden (Anies Baswedan-Muhaimin, Prabowo-Gilbran, Ganjar-Mahfud) di Gedung KPU Jakarta pada hari Senin, 27 November 2023.
Untuk perlu diketahui masa kampanye Pemilu 2024 akan dimulai tanggal 28 November 2023 sampai dengan 10 Februari 2024 (75 hari) yang dilanjutkan 11-13 Februari 2024 ditetapkan sebagai masa tenang yang artinya tidak boleh berkampanye menjelang Pemungutan Suara tanggal 14 Februari 2024.

Dr. Andi Tenri Sompa, SIP., M. Si. selaku Ketua KPU Provinsi Kalimantan Selatan, saat ditemui awak Media Online seusai mengikuti Deklarasi Pemilu Damai di KPU Jakarta mengatakan bahwa ; “Alhamdulillah acara ini berjalan dengan lancar dan KPU RI menginisiasi deklarasi Pemilu Damai yang menghadirkan 3 pasangan calon dan juga menghadirkan 18 pimpinan partai politik. Saya kira ini adalah hal yang sangat bagus kemudian ini menjadi citra bagi daerah-daerah di seluruh Indonesia dan mudah-mudahan dengan pelaksanaan Deklarasi Pemilu Damai ini yang juga akan diikuti oleh banyak instansi di daerah-daerah Kalsel memberikan gambaran bahwa Insya Allah kita boleh berbeda pilihan tetapi semua sama tetap Indonesia, semua ingin Indonesia lebih baik dengan pemilu yang lebih demokratis maupun kondisi yang damai bisa tercapai.

Jadi kami tergantung pasangan calon, kemarin itu di Provinsi Kalimantan Selatan pada saat memasukkan tim kampanye pasangan calon kita mencoba untuk memberikan masukkan apakah tim mereka ingin juga membuat Deklarasi Pemilu Damai seperti yang yang dilakukan hari ini. Insya Allah mereka juga akan melakukan hal yang sama di daerah dan yang saya lihat kalau khusus Kalimantan Selatan semoga semuanya lancar dan damai . Karena antara pasangan calon yang satu dengan pasangan calon 2 dan 3 semuanya bersahabat dan berteman, saling kenal yang satu dengan yang lain hingga Kalimantan Selatan mudah-mudahan bisa menjadi cermin bagi Provinsi-Provinsi lainnya.

Harapan kami penyelenggaraan Pemilu 2024, mohon masyarakat luas bangsa Indonesia membantu kami untuk tidak menyebarluaskan isu hoax ketika ada isu-isu yang mendiskreditkan dan kampanye hitam agar segera dihapus saja karena itu menghabiskan energi kita. Insya Allah ini untuk bangsa Indonesia kita mencari pemimpin yang terbaik, siapapun yang terpilih nanti itu akan menjadi lambang negara kita dan Presiden kita yang tentunya akan kita hormati dan banggakan sehingga siapapun yang jadi calon Presiden kita di Pemilu 2024 dapat diterima dengan lapang dada dan mendukung ,” tutupnya.

Sekilas Profil Ketua KPU Kalimantan Selatan

Andi Tenri Sompa, SIP., M. Si. perempuan kelahiran 21 Mei 1976 di Ujung Pandang ini merupakan Ketua KPU Provinsi Kalimantan Selatan Divisi Keuangan, Umum, dan Logistik Periode 2023-2028. Sejak mahasiswa aktif dalam penelitian dan matakuliah kepemiluan pada Program Studi Ilmu Politik Universitas Hasanudin di Kota Makassar, Sulawesi Selatan. Bersamaan dengan itu, Ketika Pemilu 1999 berkontribusi sebagai Pemantau Pemilu UNFREEL di Sulawesi Selatan.

Sejak Pemilu 1999 hingga sebelum menjabat sebagai Ketua KPU Provinsi Kalimantan Selatan Periode 2023-2028, aktif sebagai pengajar Matakuliah Kepemiluan, juga aktif sebagai pengamat politik, peserta pelatihan dan narasumber kepemiluan. Tahun 2017-2019 selama 2 (dua) periode terpilih sebagai Tim Pemerika Daerah (TPD) Provinsi Kalimantan Selatan dari unsur Tokoh Masyarakat, sebagaimana UU No. 7 Tahun 2017 TPD adalah bagian dari Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) yang merupakan bagian dari Penyelenggara Pemilu. Memiliki segudang pengalaman organisasi, diantaranya Anggota Asosiasi Dosen Ilmu Politik Seluruh Indonesia, Anggota Cendekiawan Muslim Indonesia Provinsi Kalimantan Selatan, Ketua III Gerakan Nasional Jaring Politisi dan Pemimpin Bersih Kalimantan Selatan, dan lain-lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *