Letkol Laut Ricky Tacoma Menerima Penghargaan “Soerdiman Award 2023” Kategory Inovatif AL Yang Menyulap Kapal Perang KRI Teluk Weda-526 Menjadi Kapal Perpustakaan Terapung Demi Mencerdaskan Anak-Anak Papua Melalui Buku Bacaan Perpustakaan Nasional

Uncategorized401 Views
banner 468x60

Jakarta, 13 November 2023 – Mabes TNI bekerjasama dengan Detik.com mengadakan penganugerahan penghargaan Soedirman Awards 2023 yang digelar di Balai Samudera Jakarta. Pada hari Senin, 13 November 2023. Acara tersebut langsung dihadiri oleh Laksamana Yudo Margono (Panglima TNI), Jenderal Listyo Sigit Prabowo (Kapolri) dan Chaerul Tanjung (Chairman CT corp).

Soedirman Awards 2023 yang merupakan program kolaborasi Detik.com dan Mabes TNI untuk menjaring tentara teladan di seluruh Indonesia dan Soedirman Awards ini terinspirasi dari nilai-nilai kepahlawanan Jenderal Besar TNI (Anumerta) Raden Soedirman yang sudah berjuang mempertahankan Kemerdekaan Republik Indonesia tahun 1945.

banner 336x280

Komandan KRI Teluk Weda – 526 Letkol Laut (P) Ricky Tacoma menerima penghargaan Soedirman Awards 2023 kategori Tentara Inovatif TNI AL, saat ditemui awak Media Online mengatakan; “Merupakan suatu kehormatan dan kebanggaan buat saya pribadi, yang jelas kami tidak pernah menyangka bahwa setiap apa yang kami perbuat dan apa yang kami kerjakan untuk anak-anak Papua agar mereka bisa mendapatkan buku-buku berkualitas untuk mendapatkan pendidikan yang sama dengan wilayah yang lain khususnya wilayah pesisir di Indonesia Timur ini yang mendapatkan apresiasi dari Bapak Panglima TNI Yudo Margono dan dari masyarakat khususnya masyarakat Papua. Ini merupakan suatu bentuk kecintaan kami kepada anak-anak Papua dan mereka memiliki kualitas sumber daya yang luar biasa namun mereka terkendala dengan buku-buku yang sulit untuk diakses maupun sulit didapatkan sehingga kami sebagai Kapal Perang Perpustakaan Apung pertama di Indonesia dapat mendistribusikan dan memberikan buku-buku yang kami bawa dari Perpustakaan Nasional yang kemudian dapat kami berikan maupun dapat meningkatkan minat baca masyarakat khususnya untuk memberantas buta aksara di wilayah Indonesia Timur yaitu Wilayah Papua.

Kami berprinsip bahwasanya salah satu indikator kemajuan suatu bangsa adalah dengan tingginya minat pembaca dan tingginya kemampuan anak-anak untuk bisa mendapatkan ilmu dan pelajaran tidak hanya disekolah namun mereka juga bisa mendapatkan dari wilayah lain khususnya di daeraj Papua, tidak hanya sekedar buku yang kami berikan namun juga kru-kru KRI Teluk Weda ini juga memberikan pengajaran kepada anak-anak dimana mereka bisa memberikan dan berinteraksi langsung dengan anak-anak di Papua dan bagaimana story telling mereka membaca dan bisa menceritakan kembali apa isi buku tersebut.

Saya sangat antusias sekali kepada masyarakat Papua dimana mereka yang ingin belajar memiliki motivasi yang tinggi dan ini yang perlu kami dukung. Jadi kami sebagai bagian dari Pemerintah yang ikut mencerdaskan kehidupan bangsa Indonesia sesuai dengan UUD 1945 yaitu ikut mencerdaskan kehidupan berbangsa kami juga ikut memberikan pengajaran kepada seluruh masyarakat khususnya anak-anak di Pesisir Indonesia Timur untuk bisa belajar mendapatkan kualitas belajar dan kualitas pendidikan yang maksimal dan kami berharap tidak hanya KRI Teluk Weda, tetapi bisa diikuti oleh KRI-KRI berikutnya yang bisa menjadi Perpustakaan Terapung berikutnya yang akan membawa buku-buku yang lain yang bisa didistribusikan,” tutupnya.

Ditangan Letkol Ricky Tacoma kapal perang KRI Teluk Weda-526 disulap menjadi Perpustakaan Terapung untuk dimanfaatkan anak-anak maupun warga di Papua bisa membaca buku hingga belajar baca tulis terutama anak-anak Papua sangat antusias sekali mengunjungi Perpustakaan terapung kapal perang tersebut. Sedangkan KRI Teluk Weda – 526 adalah kapal amfibi/Satfib Koarmada III yang aktif dalam melaksanakan patroli dan menjaga keamanan laut di wilayah kerja Koarmada III dan biasa bersandar di wilayah Papua maupun Maluku.

banner 336x280

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *